Hari Pendidikan Nasional: Mampukah Merubah Peserta Didik dengan Kurikulum Hari ini?




Oleh : Aksara Adhikari
 (Pelajar Kota Bogor)



Guys, sekarang ini sistem kurikulum yang diterapkan di negara Indonesia adalah kurikulum merdeka. Meskipun ditetapkan sebagai kurikulum nasional 2024, ternyata kurikulum merdeka masih dianggap belum memberi kejelasan sebagai kurikulum loh...

Kira- kira kenapa ya?

Berdasarkan beberapa sumber, ada beberapa hal yang menyebabkan berbagai keraguan tentang kurikulum ini. Salah satunya disebabkan karena peserta didik hanya diarahkan kepada kompetensi atau daya saing atas sesuatu yang bersifat materi, namun melupakan aspek pembinaan agama atau mental.

Hal inilah yang menjadikan potret-potret buram para peserta didik semakin banyak bermunculan. Bukan hanya potret dalam satu aspek, tapi hampir dalam semua aspek. Salah satu contoh dalam dunia pendidikan, kita bisa melihat banyak nya oknum, baik guru maupun siswa yang melakukan kemaksiatan, kejahatan serta pelanggaran hukum.  

Oleh karena itu, kurikulum semacam ini hanya akan menguatkan sekulerisme dan kapitalisme dalam sistem pendidikan dan kehidupan umat islam. Selain melahirkan generasi yang buruk kepribadiannya, kurikulum semacam ini akan menjadikan generasi terjajah budaya Barat yang rusak dan merusak.

Pendidikan adalah salah satu aspek strategis yang menentukan generasi masa depan. Seharusnya sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sedari awal mentargetkan terbentuknya generasi berkualitas, beriman, bertakwa, terampil dan berjiwa pemimpin serta menjadi problem solver dengan sistem pendidikan Islam yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam, dengan semangat juang yang sama dengan umat Islam terdahulu.

Islam memiliki sistem pendidikan terbaik, dengan basis akidah Islam yang terbukti berhasil melahirkan generasi berkualitas, menjadi agen perubahan dan membangun peradaban yang mulia. Negara seharusnya  memiliki tanggung jawab untuk mewujudkannya, menanggung semua biaya pendidikan dan biaya gaji para guru. Dan tak lupa juga mempersiapkan para guru dengan kualitas terbaik dengan akhlak Islam yang sempurna untuk para peserta didiknya.

Sungguh semua hal tersebut tak akan terwujud dalam sistem yang diterapkan saat ini. Hanya sistem Islam yang mampu mewujudkan seutuhnya.

Wallahu A'lam bishshawab

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak