Pinjol Buah Busuk Sistem Kapitalisme

Oleh : Hj. Sopiah


Menjelang Ramadhan dan Idulfitri, kebutuhan rakyat meningkat ditambah dengan naiknya harga kebutuhan hidup sedangkan pendapatan tidak naik. Hal tersebut menyebabkan rakyat memilih jalan pintas dengan meminjam uang pada pinjol (pinjaman online). Karena syaratnya mudah dan prosesnya cepat. Namun, rakyat tidak menyadari bahaya suku bunga dari pinjol tersebut yang sangat tinggi. Meraka hanya berpikir yang terpenting kebutuhan mereka terpenuhi saat itu, karena pinjol merupakan pinjaman instan. Sehingga solusi untuk permasalahannya hanyalah pinjol. 

Semakin sulitnya rakyat dalam memenuhi segala kebutuhan hidup ini tidak lain karena tidak adanya jaminan dari negara. Padahal sejatinya tugas negara adalah sebagai pelayan umat, yang wajib memenuhi semua kebutuhan rakyat, seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan keamanan. Sementara saat ini justru lapangan pekerjaan semakin sulit untuk didapatkan. Hal itu lah yang menyebabkan rakyat mengambil solusi praktis tanpa memikirkan efeknya jangka panjang. Karena suku bunga pinjol sangat tinggi sehingga akan mencekik rakyat tanpa ampun. 

Mirisnya, negara justru memberikan izin pada keberadaan pinjol ini. Negara memfasilitasi rakyat agar terjebak dalam pinjol. Terbukti inilah buah busuk sistem kapitalisme. Padahal pinjol adalah solusi palsu yang tidak menyelesaikan masalah tetapi justru sebaliknya akan menambah masalah bagi rakyat sehingga hidup akan semakin sulit karena terjerat riba yang semakin lama semakin membebani.

Negara hanya memikirkan keuntungan yang akan diraih tanpa memikirkan bagaimana nasib rakyat yang terjerat pinjol ini. Padahal jelas pinjol merupakan praktek ribawi yang haram dalam syariat Islam. 

Sungguh menyedihkan hidup rakyat dalam sistem kapitalisme, mereka harus berjuang sendiri agar bisa bertahan hidup, mengharapkan bantuan negara hanyalah harapan kosong. Pun ada bantuan hanya bersifat sementara dan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dan tidak merata. 

Hal ini berbeda dengan penguasa dalam sistem Islam. Khilafah akan menjamin segala kebutuhan rakyat, sehingga rakyat akan sejahtera. Segala bentuk ribawi akan dilarang, rakyat akan dilindungi dengan segala fasilitas yang dibiayai oleh negara. Hanya dalam naungan daulah khilafah Islamiyah rakyat akan hidup damai dan makmur. Islam lah solusi hakiki segala persoalan kehidupan. 

Wallahu’alam.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak