UAR Al Fatah dan Karang Taruna Sadawangi Bagi Sembako Gratis


Sadawangi, TSAQOFAH.COM - Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) dan Karang Taruna Sadawangi Kec. Lemahsugih Majalengka membagikan seratus paket sembako untuk orang-orang jompo dan kaum papa, Rabu, (8/4). 

Aksi bagi sembako gratis untuk jompo dan kaum marjinal ini menurut Ketua UAR Jeje AJ sebenarnya sudah berjalan selama 11 bulan. 

"Alhamdulillah aksi bagi sembako gratis ini sudah berlangsung hingga 11 bulan ini," katanya kepada TSAQOFAH. 

Saat disinggung apa motif bagi-bagi sembako gratis itu, Jeje yang juga Ketua RW Desa Sadawangi mengatakan semata-semata ingin membantu meringankan beban warga kecil di desanya.

"Program ini semata-mata dilakukan untuk membantu meringankan beban warga yang mungkin selama ini luput dari perhatian aparat desa," katanya. 

Adapun paket sembako yang dibagikan menurut Jeje berisi antara lain; beras, telor, susu, kue dan minyak goreng. 

Ia menambahkan, sumber dana yang digunakan untuk membantu kaum jompo dan fakir miskin itu diperoleh dari para muhsinin yang berdomisili di Sadawangi dan luar daerah, bukan dari pemerintah. 

Rembulan



Sementara itu, menurut Ceng Parmin, Ketua Karang Taruna Sadawangi mengatakan, program bagi-bagi sembako gratis ini diberi nama Rembulan (Rereongan lima rebu per bulan). Dalam istilah Indonesia dikenal dengan nama gotong royong. 

Menurutnya, donasi 5000,- (lima ribu) per bulan tentu saja bukanlah jumlah yang besar jika dibanding jajan anak SD hari ini. 

"Alhamdulillah Karang Taruna desa Sadawangi ini sangat aktif dan peduli terhadap warga yang memang perlu dibantu," terangnya. 

Selain rutin melakukan aksi bagi sembako gratis, UAR Al Fatah dan Karang Taruna Sadawangi juga melakukan aksi cepat tanggap dalam mengatasi pandemi CovidCovid-19. Hal itu terbukti dengan seringnya melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh desa Sadawangi. 

"Kita juga membuka posko penanganan Covid-19 untuk memudahkan pengaduan jika ada warga ODP, terutama warga yang baru datang dari zona merah (red zona)," jelasnya. 

Semoga kegiatan positif Karang Taruna desa Sadawangi bisa menginspirasi karang taruna desa lainnya untuk sama-sama bangkit berinisiatif membuat program-program serupa yang bermanfaat bagi warga.(BA.)

Posting Komentar

0 Komentar