Untuk Kesekian Kali, Taruna Bakti Lakukan Penyemprotan Lawan Covid-19

(Dokumentasi bersama aparat desa sebelum melakukan penyemprotan. Foto: Ba)

Mekarwangi, TSAQOFAH.COM – Salah satu bentuk kepedulian pemuda Cinta Bakti yang tergabung dalam organisasi pemuda Taruna Bakti adalah menggelar aksi lanjutan penyemprotan disinfektan untuk fasilitas-fasilitas umum termasuk rumah-rumah warga.

“Penyemprotan ini adalah aksi nyata kita dan bentuk kepedulian sebagai perangkat desa dan pemuda dalam membantu warga dari bahaya virus Corona yang sampai hari ini masih melanda,” kata Zun Savto Adi, Kadus Cinta Bakti.

Untuk memastikan berlangsungnya penyemprotan, Adi sendiri langsung turun tangan memimpin sambil membagi-bagikan masker gratis kepada warga di seluruh kelurahan yang ia pimpin. Meski keringat mulai bercucuran ke wajahnya, namun ia tetap terlihat semangat dengan memberikan arahan dan komando kepada pemuda Taruna Bakti.

Penyemprotan yang dimulai sekira pukul 9.00 pagi itu diawali dengan pengambilan foto untuk dokumentasi tepat di posko penanggulangan Covid-19 yang lokasinya di depan samping kiri Balai Desa Mekarwangi.

Menurut pembicaraan, penyemprotan hari kedua itu akan dilakukan di kelurahan Cinta Bakti yang diikuti oleh beberapa pemuda dari karang taruna blok kelurahan lainnya. Sebab sehari sebelumnya, telah disepakati penyemprotan disentralkan di Blok Desa Mekarwangi dengan melibatkan anggota Taruna Bakti.

Namun, mungkin karena kesibukan, saat akan dilakukan penyemprotan di kelurahan Cinta Bakti, yang ada hanya anggota dari Taruna Bakti, ditambah seorang hansip desa Mekarwangi yang terlihat begitu semangat walau sudah berumur juga seorang ketua RT dari blok Pasir Jengkol (Pasjek).

(Anggota Taruna Bakti berjalan menuju masjid yang akan disemprot. Foto: wa Opay)

(Anggota Taruna Bakti sedang bersiap memikul tank semprot. Foto: wa Opay)

Saat melakukan penyemprotan ke rumah-rumah, terlihat beberapa warga senyum dan tanda terima kasih dan tak sedikit yang menawarkan untuk sekedar minum dan istirahat sejenak. Sepertinya, warga bisa merasakan bentuk kepedulian Taruna Bakti atas arahan aparat desa dalam menjaga warganya dari wabah Covid-19 ini.

“Tolong sekalian ya, di dalam rumah juga disemprot,” begitu kira-kira ungkapan beberapa orang saat rumahnya disemprot cairan disinfektan agar sekalian semprot juga toilet dan ruangan rumahnya yang lain.

Penyemprotan yang dilakukan oleh Taruna Bakti hari itu (Kamis, 9/4) berakhir sekira jam 14.00. Tidak ada satu pun rumah warga yang luput dari penyemprotan itu. Menurut rencana, jika tenaga penyemprotan hari itu belum bisa menyelesaikan di blok Sadawangi Landeuh (Sadlan), Pasjek dan Kukulu, maka akan dicukupkan saja dulu penyemprotannya di blok Cinta Bakti. Hari esoknya akan dilanjutkan ke tiga blok lainnya.

Namun, melihat begitu antusiasnya anggota Taruna Bakti, maka Kadus mengusulkan  bagaimana jika sekalian saja dituntaskan untuk penyemprotan beberapa blok lainnya, sebab waktu belum begitu siang. “Bagaimana kalau hari ini masih ada waktu, kita tuntaskan saja menyemprot semua blok,” katanya yang langsung disepakati oleh semua anggota Taruna Bakti saat itu.

Meski waktu sudah menunjukkan jam 11.30, Taruna Bakti yang dikawal langsung oleh Kadus Adi masih terus melakukan penyemprotan dan membagikan masker secara cuma-cuma kepada warga di empat blok tadi. Itulah salah satu bentuk kepedulian Taruna Bakti atas arahan dan saran dari aparat desa dalam melakukan aksi cepat tanggap memerangi wabah virus Corona.  

(Anggota Taruna Bakti menyemprot salah satu rumah warga Cinta Bakti. Foto: wa Opay)

(Walau tak lagi muda, Hansip Boyo semangatnya perlu dicontoh. Foto: wa Opay)

Memberi yang terbaik

Taruna Bakti yang lahir pada Jum’at, 20 Maret 2020 lalu mempunyai tujuan untuk menggalang persatuan pemuda pemudi Cinta Bakti secara khusus dan seluruh pemuda pemudi desa Mekarwangi secara umum agar terus bangkit, bergerak dan bersinergi untuk memajukan desa.

Karena itu, semboyan yang dimunculkan oleh Taruna Bakti adalah KOMPAK DALAM KEBAIKAN, BERSAMA DALAM PERJUANGAN. Dengan kata lain, seluruh anggota Taruna Bakti selalu berusaha untuk kompak dalam setiap perbuatan yang memberi manfaat kebaikan, kapan dan dimanapun berada. Juga senantiasa selalu bersama, bahu membahu dalam memperjuangkan sebuah kebenaran tanpa kenal lelah.

Sebagai wujud dari semboyan itu, Taruna Bakti jauh sebelumnya sudah melakukan aksi peduli penanggulangan Covid-19 di semua fasilitas umum termasuk masjid-masjid yang ada di Cinta Bakti.

“Alhamdulillah, sekitar pertengahan bulan Maret lalu kita sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke semua fasilitas umum termasuk masjid-masjid yang ada,” jelas Cep Yuda, salah satu tokoh pemuda Cinta Bakti.

(Di antara anggota Taruna Bakti)

Cep Yuda yang juga ketua umum dari organisasi Tim King Perbatasan (TKP) mengatakan, semua biaya yang dikeluarkan untuk melakukan penyemprotan itu diperoleh dari uang sumbangan anggota Taruna Bakti dan dana pribadi.

Menurutnya, sejak pertengahan Maret lalu, Taruna Bakti sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebanyak lebih kurang empat kali. “Kita belum punya APD, tapi insya Allah dengan peralatan yang ada kita akan terus maksimal melakukan penyemprotan hingga wabah Covid-19 ini dinyatakan sudah hilang dari Indonesia,” katanya.

Masih menurutnya, Taruna Bakti juga menyatakan kesiapan jika sewaktu-waktu ada dari warga desa lain ada yang ingin mendapatkan informasi terkait apa dan seperti apa itu Covid-19 termasuk langkah-langkah penanganannya seperti penyemprotan. (Ba)

(Kesra Ihsan, ikut turun lakukan penyemprotan. Foto: wa Opay)

 (Istirahat sejenak selepas penyemprotan di Cinta Bakti. Foto: wa Opay)

(Sekedar melepas lelah, bersama Kadus Zun Savto Adi. Foto: wa Opay)


Posting Komentar

0 Komentar