ICC Selidiki Kejahatan Perang Israel di Palestina

Kepala jaksa penuntut Pengadilan Kriminal Internasional Fatou Bensouda

Gaza, TSAQOFAH.COMKepala jaksa penuntut Pengadilan Kriminal Internasional  (ICC) mengatakan akan melakukan penyelidikan penuh terhadap dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina segera mungkin setelah yurisdiksi pengadilan telah ditetapkan.

Pengumuman oleh Fatou Bensouda pada Jumat (20/12) disambut oleh kepemimpinan Palestina sebagai "langkah lama-tertunda" tetapi memicu tanggapan marah oleh Israel.

"Saya puas bahwa ada dasar yang masuk akal untuk melanjutkan penyelidikan atas situasi di Palestina," kata Bensouda dalam sebuah pernyataannya, demikian AlJazeera melaporkan.

"Secara singkat, saya puas bahwa kejahatan perang telah atau sedang dilakukan di Tepi Barat, termasuk Al-quds (Yerusalem Timur), dan Jalur Gaza," tambahnya, tanpa menyebutkan pelaku kejahatan yang dituduhkan tersebut.

Bensouda mengatakan, sebelum membuka penyelidikan penuh, Ia akan meminta pengadilan yang berbasis di Den Haag untuk memerintah di wilayah yang memiliki yurisdiksi, karena Israel bukan anggota pengadilan.

Dia mendesak para hakim untuk memutuskan yurisdiksi pengadilan "tanpa penundaan yang tidak semestinya". Namun jaksa menambahkan, bahwa dia tidak memerlukan otorisasi dari hakim untuk membuka penyelidikan sebab telah ada rujukan dari Palestina, yang bergabung dengan pengadilan pada tahun 2015. (NZ/KMH)

Posting Komentar

0 Komentar