Gaza Alami Kerugian Ekonomi 100 Juta Dolar

Anggota Parlemen Palestina Jamal Al-Khodari
Gaza, TSAQOFAH.COM - Jalur Gaza mengalami kerugian ekonomi setiap bulannya sebab 13 tahun wilayah ini diblokade Israel hingga 100 juta dolar Amerika Serikat.

"Krisis sektor ekonomi secara langsung disebabkan oleh pengepungan Israel yang diberlakukan di daerah kantong pantai sejak 2007," kata Anggota Parlemen Palestina Jamal Al-Khodari, demikian Palinfa melaporkan, Sabtu (7/12).

"4.000 perusahan pabrik, bengkel dan toko telah menutup atau mengecilkan aktivitas mereka, sehingga menjadi 80 persen dari kapasitas operasional mereka selama setahun akibat pengepungan Israel," katanya kepada wartawan.

Al-Khudari mengatakan, sisa perusahaan pabrik, toko, bengkel dan fasilitas ekonomi lainnya saat ini beroperasi dengan kurang dari 50 persen dari kapasitas operasional mereka, menyebabkan tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Dia juga mengatakan, 85 persen warga Gaza hidup di bawah garis kemiskinan, dia mengajak masyarakat internasional untuk mendesak Israel agar mengakhiri blokade di Jalur Gaza. (T/HD/KMH)

Posting Komentar

0 Komentar