Jakarta Rescue Latih 20 Tim Ukhuwah Al Fatah Rescue di Bogor


Bogor, TSAQOFAH.COM  - Sebanyak 20 Tim Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) mengikuti pelatihan Jakarta Rescue di Desa Citeko, kecamatan Cisarua, Bogor selama hari Selasa dan Sabtu (26-28/11).
“Untuk saat ini kita memprioritaskan peserta khusus dari wilayah Lampung dahulu, kedepan wilayah-wilayah lain menyusul mendapat pelatihan tesebut,” hal itu disampaikan Bustamin UC Ketua Umum UAR Pusat di Pondok Pesantren Al Fatah, Cileungsi, Pasirangin, Bogor.
Bustamin mengatakan, bahwa materi yang akan diberikan adalah Water Rescue, ini materi dasar seorang UAR untuk dapat mempunyai keahlian tertentu saat menangani peristiwa gempa.
“Tentunya juga, kita dapat menyiapkan strategi ketika tim UAR turun dalam menangani korban gempa ataupun peristiwa-peristiwa alam seperti tsunami, gunung melutus, banjir dan tanah longsor,” katanya.
Dia juga mengatakan, pelatihan ini sangat baik dan perlu ditingkatkan sebab dapat meningkatkan kemampuan tim, perlu diadakan secara rutin.
“Baiknya saat berada di lapangan akan bersama kepolisian untuk membantu sesama yang terkena bencana,” katanya.
Sebelumnya Ia menyampaikan pihaknya mendapat pelatihan meningkatkan kemampuan seperti incident comand sistem (ICS) dan best of operation (BOO). Tim UAR juga mendapat pelatihan praktik di lapangan. “Nah sekarang materi pelatihannya kebanyakan teori dari Jakarta Rescue International,” ujar dia.
UAR sering mengirim relawan ke daerah-daerah bencana seperti tsunami Aceh, gempa Aceh, gempa Padang, Merapi, banjir Jakarta, tsunami Pangandaran, juga bencana akibat konflik di Poso dan lain-lain. (Kur)

Posting Komentar

0 Komentar