8 Nutrisi Lengkap yang Terkandung dalam Kurma (Datesyrup)


Pantas saja mengkonsumsinya jadi sunnah Rasulullah SAW ya..

Makanan khas di bulan puasa memang beragam di setiap daerah bahkan negara. Namun ada satu makanan yang biasa menjadi hidangan berbuka puasa maupun sahur di dunia. Yup, kurma! Hampir setiap umat islam di dunia menyediakan kurma sebagai menu untuk berbuka puasa maupun sahur.

Sebagaimana Rasulullah SAW yang senantiasa mengkonsumsi 3 buah kurma saat berbuka puasa. Tentu sunnah Rasulullah SAW ini bukan tanpa alasan. Karena ternyata kurma kaya akan nutrisi alami di dalamnya. Ini dia 8 nutrisi alami yang terkandung dalam kurma

1. Serat larut dan serat tidak larut

Serat makanan ada yang berbentuk serat larut dan tidak larut. Ternyata kurma adalah sumber keduanya loh. Kedua jenis serat ini membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Serat yang tidak larut meningkatkan makanan bergerak melalui sistem pencernaan, serat larut dapat membantu mengendalikan diabetes dengan menurunkan kadar glukosa darah tinggi dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Polifenol

Kurma memiliki konsentrasi polifenol tertinggi di antara buah kering. Studi menunjukkan, sebagian besar makanan ini harus didasarkan pada buah kering, karena padat akan antioksidan, polifenol dan nutrisi, terutama serat. Senyawa antioksidan ini melindungi sel dari radikal bebas.

3. Karbohidrat

Kurma terdiri dari 75 persen karbohidrat dan sebagian besar dari gula, pati dan serat yang menjadikannya makanan ringan penguat energi. Karbohidrat mencakup 3 gram serat makanan dan 29 gram gula alami seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berperan sebagai sumber energi yang mudah dikonsumsi tubuh selama berbuka puasa. Faktanya, kurma lebih baik di konsumsi daripada gula lho.

4. Potasium

Potasium menjadi mineral penting yang menjaga kontraksi otot, jantung, sistem saraf serta dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh. Potasium harus terus-menerus diisi ulang karena tidak dipulihkan dalam tubuh dan sebagian besar hilang melalui keringat. Tidak ada sumber potasium alami yang lebih baik daripada kurma.

5. Vitamin B kompleks

Kurma mengandung vitamin B kompleks yakni thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6 dan asam pantotenat. Vitamin ini berperan penting dalam asupan harian, karena membantu menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B kompleks membantu metabolisme karbohidrat dan menjaga kadar glukosa darah dan asam lemak serta membantu memproduksi hemoglobin.

6. Magnesium

Jika kamu sering mengalami migrain, hipertensi, diabetes, asma dan osteoporosis, berarti kamu sedang mengalami kekurangan magnesium. Kurma mengandung magnesium yang juga penting untuk perkembangan tulang dan metabolisme energi. Indikator inflamasi dalam tubuh berkurang jika asupan magnesium meningkat. Hal ini juga mengurangi peradangan di dinding arteri.

7. Zat Besi

Kurma juga kaya zat besi yang baik untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah membantu terserapnya nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh. Tidak hanya nutrisi, zat besi juga menentukan kapasitas pembawa oksigen dari darah, karena itu ia merupakan komponen di dalam sel darah merah, dan penting untuk mengobati anemia.

8. Garam basa

Sering mengkonsumsi daging dan karbohidrat berlebihan dapat menyebabkan keasaman pada darahh dan memicu penyakit diabetes, asam urat, batu ginjal, peradangan kandung empedu, tekanan darah tinggi dan wasir. Garam basa pada kurma dapat membantu mengatur keasaman darah. Kurma juga mengandung lemak namun bebas kolesterol, sehingga membuatnya menjadi pilihan pertama yang sempurna untuk berbuka puasa.

Posting Komentar

0 Komentar