Inilah 23 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi di Masa Depan

By. Admin
TSAQOFAH.COM - Bagi Anda yang kini sedang kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, tak perlu risau tentang masa depan peluang kerja. Berikut ini ada 23 peluang kerja yang sedang menanti Anda semua bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Tugas Anda saat ini, selesaikan kuliah sebaik dan secepat mungkin, sebab peluang-peluang terbentang luas bagi Anda. 

Setiap program studi keilmuan tentu memiliki implementasi dari setiap teori yang ada didalamnya. Implementasi ini dapat berupa dalam berbagai hal, namun yang terkhusus dalam bahasan ini tentu saja dalam bidang dunia kerja. Berkaitan dengan hal tersebut tak terkecuali ilmu komunikasi juga memiliki prospek kerja dan jalur kerja yang mana sesuai dengan apa yang dipelajari dalam kompleksitas ilmu komunikasi itu sendiri.
Prospek kerja dalam sebuah studi atau jurusan menjadi suatu pertimbangan penting bagi para peminatnya sebelum memutuskan untuk masuk dalam studi tersebut. Tak terkecuali Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, tentu banyak yang bertanya apa saja yang dipelajari dalam studi ilmu komunikasi dan bagaimana prospek kerja para lulusannya.
Oleh karenanya dalam kesempatan kali ini kita akan membahas secara khusus mengenaiProspek Kerja Ilmu Komunikasi dan peluang bagi para lulusan ilmu komunikasi nantinya.
1.    1. Produser

Menjadi seorang produser yang mempunyai pekerjaan untuk memproduksi sebuah event ataupun film merupakan salah satu keahlian yang ditawarkan dari seorang lulusan ilmu komunikasi. Profesi ini bisa menjadi pilihan sebagai Prospek Kerja Ilmu Komunikasi. Bagi mereka yang mengambil konsentrasi pada bidang Broadcasting tentu paham betul bagaimana memproduksi sebuah media mulai dari reproduksi, produksi hingga pasca produksi. Hal inilah yang memungkinkan seorang lulusan ilmu komunikasi untuk menjadi seorang produser. 
2.    2. Sutradara

Kemampuan merangkai skenario dan cerita dalam pembuatan berbagai media baik film, iklan maupun tayangan lainya merupakan bagi mereka yang juga mengambil konsentrasi Broadcasting. Oleh karenanya sangat terbuka lebar bagi lulusan sarjana komunikasi untuk menjadi seorang sutradara terutama mereka yang mengambil konsentrasi Broadcasting. Bagaimana tidak secara teori dan praktek mereka sudah mempelajarinya dengan detil pada saat perkuliahan. 
3.    3. Cameraman

Salah satu Prospek Kerja Ilmu Komunikasi adalah menjadi cameraman. Bagi mereka yang mengambil konsentrasi pada bidang Broadcasting tentu banyak hal yang dipelajari di dalamnya. Tidak hanya bagaimana memproduksi sebuah media saja, namun juga meliputi seluk-beluk dan berbagai aspeknya. Salah satu yang terpenting tentu saja cameraman. Sebagai salah satu tenaga Broadcasting cameraman menjadi salah satu yang terpenting dan tentu saja menjadi hal yang dipelajari oleh sarjana komunikasi.
4.    4. Fotografer

Sebagai seorang sarjana komunikasi, dunia fotografi tentu sudah tak asing lagi. Dalam berbagai pembuatan media, peranan foto tentu menjadi sangat penting. Seorang sarjana komunikasi harus mampu memilih, mengambil dan menentukan gambar yang ingin dan pas untuk digunakan. Sebuah gambar dalam komunikasi merupaka media bagi tersampainya sebuah pesan. Oleh karenanya menjadi seorang fotografer tentu sangatlah memungkinkan bagi seorang lulusan komunikasi. 
5.    5. Jurnalis

Jurnalistik merupakan sebuah konsentrasi keilmuan dalam jurusan komunikasi oleh karenanya seorang sarjana komunikasi tentu memiliki kemampuan lebih di bidang jurnalistik terutama mereka yang mengambil konsentrasi ini. sehingga sangat memungkinkan seorang sarjana komunikasi untuk menjadi seorang jurnalis atau wartawan.
6.    6. Penulis

Selain menjadi seorang jurnalis, kemampuan merangkai kata seorang sarjana komunikasi juga dapat disalurakan untuk menjadi seorang penulis. Baik berupa tulisan yang informatif seperti artikel, maupun tulisan yang bersifat menghibur seperti novel dan sejenisnya. Bahkan juga dapat menjadi seorang penulis skenario berbagai media.
7.    7. Editor

Keahlian menulis, merangkai kata dan bahasa agar menjadi sebuah kalimat dengan pesan yang baik merupakan keahlian seorang sarjana komunikasi. Oleh karenanya menjadi seorang editor bukanlah hal yang tidak mungkin malah justru sangat terbuka lebar. 
8.    8. Reporter

Seorang sarjana komunikasi tentu dituntut untuk dapat memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan baik. Salah satu implementasi dari penyampai pesan yang baik ini juga menjadi aspek dalam berbagai profesi salah satunya adalah reporter. Seorang reporter harus mampu menyampaikan pesan dengan baik kepada khalayak ramai atas berbagai informasi. 
9.    9. Penyiar Radio

Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi yang menutuntut seseorang untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak sembarang orang mampu memerankan peran ini. Dimana hanya orang-orang dengan kemampuan komunikasi khusus lah yang mampu memerankan peran ini. Dan salah satunya adalah seorang sarjana komunikasi. 
1   10. Announcer dan presenter

Selain seorang penyiar menjadi seorang presenter juga memerlukan kemampuan komunikasi yang mumpuni. Banyak dari beberapa presenter kenamaan merupakan lulusan dari jurusan komunikasi. Seorang presenter harus mampu menyampaikan pesan dengan baik, dan menjadi salah satu kunci dari kesuksesan sebuah acara.
Tak hanya itu, presenter juga di tuntut untuk mampu membawa dan menggiring suasana dalam sebuah acara seperti acara televisi. 
1   11. Master of Ceremony (MC)

jika presenter merupakan pembawa acara dalam media yang umunya televisi maka MC merupakan pembawa acara pada sebuah event tertentu. Seorang lulusan komunikasi sangat memungkinkan untuk menjadi seorang MC mengingat untuk menjadi MC memerlukan keahlian komunikasi yang baik pula.
1   12. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat

Bagian hubungan masyarakat merupakan salah satu profesi yang paling dari seorang sarjana komunikasi. Keilmuan hubungan masyarakat juga menjadi konsentrasi dalam perkuliahan di jurusan komunikasi. Seorang sarjana komunikasi dengan kemampuan komunikasinya dapat menjadi jembatan penghubung yang mewakili berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta dengan masyarakat. Dalam menjalin hubungan dengan masyarakat ini tidaklah mudah sehingga memerlukan mereka-mereka yang benar-benar paham dan mengerti betul akan bidang ini, sehingga sarjana komunikasi lah orang yang tepat menjadi Public Relations Officer.
1   13. Juru Bicara

Jika Public Relations Officer mewakili sebuah instansi, maka juru bicara lebih kepada mewakili individu dalam menjalin komunikasi dengan orang lain bahkan khalayak ramai. Seorang juru bicara juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang tak kalah baik dengan Public Relations Officer.
1   14. Event Organizer

Menjadi seorang yang bekerja pada sebuah Event organizer memerlukan kemampuan komunikasi dan manajemen komunikasi yang baik. Bahkan seseorang yang bekerja dalam bidang ini memerlukan kemampuan untuk dapat bekerjasama dalam tim dengan baik pula. Oleh karenanya seorang sarjana komunikasi tentu paham betul akan hal ini, diamana dalam perkuliahanya tentu semua kompetensi tersebut sudah dilatihkan baik dalam teori maupun praktisi. 

    15. Praktisi periklanan / Advertising

Jasa pembuat dan penyedia iklan merupakan sebuah prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini. seorang pembuat dan penyedia iklan haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga iklan yang dibuatnya menjadi menarik dan orang pun akan tertarik pada produk yang diiklankan tersebut. Kemampuan Advertising ini merupakan keahlian dari seorang lulusan atau sarjana komunikasi terlebih mereka yang mengambil konsentrasi pada bidang ini. 
1   16. Konsultan Media dan Periklanan

Selain menjadi seorang pembuat dan penyedia jasa periklanan, seorang sarjana komunikasi juga dapat bekerja pada bagian konsultan dari suatu iklan tertentu. Dalam hal ini kemampuan yang dituntut lebih kepada analisis penggunaan bahasa, gambar dan lain sebagainya agar sebuah iklan tersebut menjadi menarik. Selain konsultan periklnan dapat pula sebagai konsultan media. Dalam hal ini seorang ahli komunikasi dituntut analisis dan sarana bagaimana media tersebut menjadi media yang digemari masyarakat ramai.
1   17. Marketing Communications

Komunikasi marketing merupakan salah satu studi keilmuan dalam ilmu komunikasi. Dimana komunikasi marketing ini menjadi mata kuliah tersendiri dalam ilmu komunikasi. Oleh karenanya sarjana komunikasi tentu paham akan hal ini. seorang Marketing Communications tentu dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Dengan tujuan agar seseorag tertarik pada suatu produk yang ditawarkan.
1   18. Pengusaha
Tidak jarang bahkan sangat banyak sarjana komunikasi yang memilih menjadi seorang pengusaha. Bukan karena mereka tidak diterima pada pekerjaan tertentu namun lebih tepatnya merupakan pilihan dari masing-masing individu. Bahwa seorang sarjana komunikasi tentu memiliki manajemen komunikasi yang baik, dimana tentunya sangat berguna bagi kelangsungan sebuah usaha. 
    19. Script Writer

Seorang lulusan ilmu komunikasi juga mampu menjadi penulis sebuah film, sebuah sinetron, sitkom, dan program – program lainnya. Seorang script writer dituntut untuk kreatif dan mampu memberi ide-ide baru yang kekinian serta mampu menjangkau seluruh kalangan masyarakat.
    20. Start Up Perusahaan

Seorang lulusan ilmu komunikasi juga mampu membuat perusahaan sendiri yang bergerak di bidang komunikasi. media komunikasi yang digunakan bisa saja platform media sosial instagram, youtube, dan lain-lainnya.
    21. Web Developer

Bagi lulusan ilmu komunikasi yang suka ataupun tertarik dengan bidang kepenulisan maupun IT, mereka bisa menjadi web developer suatu web berbasis informasi, ataupun mungkin membuat sebuah e-commerce web untuk memasarkan suatu produk menggunakan keahlian persuasifnya.
    22. Video Blogger

Sekarang ini walaupun bukan dari lulusan komunikasi, banyak sekali yang mencoba peruntungan menjadi seorang video blogger ataupun biasa dikenal sebagai vlog. Memiliki basis komunikasi yang baik, tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi lulusan komunikasi yang ingin menjadi seorang vlogger.
    23. Negosiator

Pekerjaan seperti ini biasanya dibutuhkan dalam bidang EO, Periklanan dan bidang pemasaran lainnya. kemampuan komunikasi persuasif yang dimiliki seorang lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan dalam posisi ini agar mampu menang dalam sebuah tender yang besar.
Tak hanya itu seorang sarjana komunikasi tentu tahu betul bagaimana mengembagkan jaringan dan menjalin relasi guna memajukan usahanya. Oleh karenanya banyak yang memilih dan terjun menjadi seorang pengusaha.
Demikianlah gambaran prospek kerja dari seorang lulusan atau sarjana ilmu komunikasi. 23 prospek kerja diatas hanyalah gambaran selebihnya ada pada dirikita masing-masing bagaimana kita mengemangkan diri dan memilih jalan. Sangat terbuka lebar bagi seorang sarjana komunikasi untuk menekuni berbagai profesi selain pada apa yang disebuatkan dalam bahasan di atas.
sumber: www.pakarkomunikasi.com

Posting Komentar

0 Komentar