Trump Harap OPEC Tak Pangkas Produksi Minyak


Ankara, Tsaqofah.comPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berharap agar OPEC dan perusahaan kartel Arab Saudi menahan diri dari pemotongan produksi untuk menjaga harga minyak mentah tetap rendah di pasar global.
"Mudah-mudahan Arab Saudi dan OPEC tidak akan memotong produksi minyak. Harga minyak harus jauh lebih rendah sesuai pasokan!" cuit Trump di Twitter.
Patokan internasional minyak mentah Brent menurun sekitar 19 persen sejak awal Oktober, yaitu mencapai USD68,88 barel per hari (bpd) pada Senin, yang merupakan level terendah sejak 10 April.
Patokan Amerika West Texas Intermediate (WTI) merosot 13 persen sejak 26 Oktober, yaitu USD58,69 bpd di hari yang sama, yang merupakan level terendah sejak 14 Februari.
Menurut Administrasi Informasi Energi AS, produksi minyak mentah AS meningkat ke rekor tertinggi baru, yaitu 11,6 juta bpd pada 2 November.
Dengan hasil itu, AS telah melampaui Rusia yang menghasilkan rata-rata 11,36 juta barel per hari selama bulan ini, sehingga naik ke posisi teratas di antara negara-negara penghasil minyak mentah.
Sementara itu, Arab Saudi, yang merupakan eksportir minyak mentah terbesar di dunia, mengatakan bahwa pihaknya akan memangkas ekspor bulan Desember sebesar 500.000 barel per hari.
Saudi juga mengisyaratkan bahwa OPEC dapat memangkas produksi dalam waktu dekat untuk menaikkan harga.(sumber: Anadolu Agency)

Posting Komentar

0 Komentar