Sebanyak 60 negara Berkumpul di Istanbul Bahas Palestina

Foto: Anadolu Agency

Istanbul, Tsaqofah.com - Sebuah konferensi besar dibuka di Istanbul pada Sabtu (17/11) dengan tujuan meningkatkan kesadaran dunia mengenai perjuangan bangsa Palestina.

Konferensi ini, diselenggarakan oleh Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi yang berbasis di Beirut selama dua hari dengan tema “Palestina Mengatasi Dunia”. Forum ini dihadiri ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara.

 “Kami semua di sini, di Istanbul untuk membawa organisasi media seluruh dunia bersama-sama meningkatkan kesadaran mengenai perjuangan Palestina,” Bilal Khalil, Direktur Forum Penyelenggara.

“Tujuan besar kami adalah meningkatkan kesadaran secara universal perjuangan Palestina dan membuat sebuah jaringan platform untuk praktisi media dari seluruh dunia,” ujarnya.

Dia mengatakan sekitar 700 reporter dari 300 pers internasional dan organisasi media mengambil bagian dalam konferensi ini.

Sekretaris Jenderal forum tersebut Hisham Qassim mengatakan, konferensi ini bertujuan untuk memobilisasi usaha dari masyarakat media untuk membela perjuangan Palestina.

“Kami bekerja untuk meningkatkan kesadaran terkait perjuangan Palestina pada masyarakat seluruh dunia,” ujar dia dalam pidato pembukaannya.

Dia mengatakan pertemuan tersebut “memberi kesempatan untuk pelaku media dan pers untuk bertemu dan bertukar pengalaman dengan sebuah pandangan pemahaman perjuangan Palestina dan menyebarkan kenyataan tersebut.

Dalam pidatonya, Qassim mengutuk kekerasan Israel baru-baru ini terhadap  jurnalis dan organisasi media di wilayah Palestina. Terakhir adalah pengeboman kantor pusat televisi Al-Aqsha di Jalur Gaza.

Pada awal pekan ini, pesawat tempur Israel menembakkan sekurang-kurangnya 10 misil ke televisi milik Hamas Al-Aqsha dan menghancurkan seluruh bangunannya.

Sejak akhir Maret, lebih dari 200 warga Palestina telah tewas dibunuh dan ribuan lainnya luka-luka oleh serangan senjata tentara Israel dalam protes anti-pendudukan dekat perbatasan Jalur Gaza.

Menurut websitenya, forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara organisasi media arab dan internasional untuk mendukung perjuangan Palestina dengan menyelenggarakan forum media, konferensi yang khusus dan workshop, serta mengkoordinasi media. (minanews.net)

Posting Komentar

0 Komentar