Karya Buku Bung Hatta Resmi Diluncurkan

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama Mohamad Hatta

Jakarta, Tsaqofah.com - Lebih dari 800 karya tulis mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama Mohamad Hatta (Bung Hatta) dikumpulkan dan diterbitkan dalam 10 seri buku oleh penerbit Lembaga Penelitiam, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES.
Buku-buku itu diluncuran secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama putri-putri Bung Hatta di Jakarta, Selasa (13/11).
“Bagi saya dan keluarga sangat berbahagia berkat kerja keras para redaktur dan pihak terkait melakukan pekerjaan raksasa membukukan karya-karya Bung Hatta,” ucap Muthia Hatta, putro salah seorang proklamator kemerdekaan ityu.
Menurutnya penerbitan ini merupakan pengukuhan Bung Hatta sebagai pendiri bangsa yang mempunyai andil besar dalam pembangunan Indonesia.
Sementara itu, Menteri Muhadjir mengungkapkan masih belum puas dengan jumlah 10 buku yang diterbitkan. Ia mengharapkan pengumpulan dan penelitian karya-karya Bung Hatta lainya agar bisa dibukukan.
“10 seri rasanya belum lengkap, sebenarnya masih banyak karya Bung Hatta baik berupa ratusan thesis dan desertasi yang belum diteliti,” ungkapnya.
Bung Hatta merupakan salah satu putra bangsa yang paling rajin dan produktif menulis. Dalam kurun waktu 61 tahun, Sang Proklamator menghasilkan ratusan karya yang ditulis dalam bahasa Indonesia, Belanda dan Perancis.
LP3I dan Universitas Bung Hatta telah sepakat  untuk mengkompilasi secara komprehensif, menerbitkan ulang dan baru semua karya tulis Bung Hatta.
Penerbitan buku pertama Kebangsaan dan Kerakyatan dilakukan pada tahun 1998 kemudian dilanjutkan dengan buku ke-2 tahun 2001 dan ke-3 tahun 2003.
Walaupun sempat terhenti cukup lama, akhirnya pada tahun 2018 LP3ES dan Universitas Bung Hatta, Padang,  berhasil menerbitkan tiga buku lainya, sehingga berjumlah enam dari Sepuluh buku. Sedangkan enam buku lainya akan diterbitkan pada tahun 2019 nanti.
Daftar sepuluh judul buku karya lengkap Bung Hatta dia antaranya adalah Kebangsaan dan Kerakyatan, Kemerdekaan dan Demokrasi, Perdamaian Dunia dan Keadilan Sosial, Keadilan Sosial dan Kemakmuran, Sumber Daya Ekonomi dan Kebutuhan Pokok Masyarakat, Gerakan Koperasi dan Perekonomian Rakyat, Filsafat, Ilmu dan Pengetahuan, Agama, Pendidikan dan Pemuda, Renungan dan Kenangan dan Surat-surat. (minanews.net)

Posting Komentar

0 Komentar