Fakta Menakjubkan Air Zamzam

Tsaqofah.com - Dari Ibnu Abbas RA, bahwasannya Nabi Muhammad SAW, bersabda tentang air zamzam yang artinya sebagai berikut “Sebaik-baiknya air dipermukaan bumi ialah air zamzam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.”


Kehadiran air zam zam tidak terlepas dari keajaiban yang dipertontonkan oleh Allah SWT, sebagai mukjizat kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar, dan banyak sekali keistimewaannya, bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, hal ini sebagai konsekwensi atas perintahnya kepada Nabi Ibrahim AS, guna mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia ke Baitullah.

Kesitimewaan :
  1. Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.
  2. Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.
  3. Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencucu najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.
  4. Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah “penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.
  5. Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah “H”, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.
  6. Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’I, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalaNya dengan air zam zam.
  7. Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.
Keutamaan :
  1. Air Surga (maa’ul-Jannah), artinya air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.
  2. Nikmat Allah, salah satunya nikmat Allah bagi para Jamaah haji yang langsung dapat merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.
  3. Pencuci Kalbu, Air Pencuci Kalbu Nabi Muhammad SAW, ketika Malaikat Jibril membasuh hati Muhammad dengan air zam zam.
  4. Penuh Berkah, Karena Rasulullah SAW sering meminumnya dan tangannya yang penuh berkah dicelupkannya ke sumur zam zam.
  5. Mengenyangkan, Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga.
  6. Obat penyakit, Air penyembuh penyakit, baik penyakit jiea, batin atau jasmani dan Rasulullah menyebutnya “ mengobati penyakit” dan banyak kisah dan riwayat, sebagai bukti kebenaran hadist diatas.
  7. Abadi, Tidak akan kering hingga hari Kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.
Kajian Ilmiah :

Selama ini kita mengenal sumur Zamzam dari buku-buku agama. Namun sebenarnya ada sisi ilmiah saintifiknya juga looh. Cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang air adalah hydrogeologi. Khasiat air Zam-zam tentunya bukan disini yang mesti menjelaskan, tapi kalau dongengan geologi sumur Zam-zam mungkin bisa dijelaskan disini. Sedikit cerita Pra-Islam, atau sebelum kelahiran Nabi Muhammad, diawali dengan kisah Isteri dari Nabi Ibrahim, Siti Hajar, yang mencari air untuk anaknya. Sumur ini kemudian tidak banyak atau bahkan tidak ada ceritanya, sehingga sumur ini dikabarkan hilang. Sumur Zam-zam yang sekarang ini kita lihat adalah sumur yang digali oleh Abdul Muthalib kakeknya Nabi Muhammad. Sehingga saat ini, dari “ilmu persumuran” maka sumur Zam-zam termasuk kategori sumur gali (Dug Water Well).

Dimensi dan Profil Sumur Zam-zam :

Bentuk sumur Zam-zam dapat dilihat dibawah ini.
Profil dalam tanah sumur zam-zam

Sumur ini memiliki kedalaman sekitar 30.5 meter. Hingga kedalaman 13.5 meter teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.

Mata air zamzam

Di bawah lapisan alluvial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter (0.5 m) lapisan yang sangat lulus air (permeable). Lapisan yang sangat lulus air inilah yang merupakan tempat utama keluarnya air-air di sumur Zam-zam.


Kedalaman 17 meter kebawah selanjutnya, sumur ini menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini (Diorit) memang agak jarang dijumpai di Indonesia atau di Jawa, tetapi sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Pada bagian atas batuan ini dijumpai rekahan-rekahan yang juga memiliki kandungan air. Dulu ada yang menduga retakan ini menuju laut Merah. Tetapi tidak ada (barangkali saja saya belum menemukan) laporan geologi yang menunjukkan hal itu.

Dari uji pemompaan sumur ini mampu mengalirkan air sebesar 11 - 18.5 liter/detik, hingga permenit dapat mencapai 660 liter/menit atau 40 000 liter per jam. Celah-celah atau rekahan ini salah satu yang mengeluarkan air cukup banyak. Ada celah (rekahan) yang memanjang kearah hajar Aswad dengan panjang 75 cm denga ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil kearah Shaffa dan Marwa.

Keterangan geometris lainnya, celah sumur dibawah tempat Thawaf 1.56 m, kedalaman total dari bibir sumur 30 m, kedalaman air dari bibir sumur = 4 m, kedalaman mata air 13 m, Dari mata air sampai dasar sumur 17 m, dan diameter sumur berkisar antara 1.46 hingga 2.66 meter.


1. Bagaimana Air Zamzam Ditemukan

Siti hajar dan bayi Ismail ditinggal oleh Nabi Ibrahin a.s. pada sebuah gurun di kota Mekah. Karena lapar dan haus Nabi Ismail menangis. Siti Hajar tidak bisa melihat anaknya menangis dan ia mulai berlari bolak-balik pada dua lembah untuk mencari makanan.

Setelah putaran 7 selesai, dia terkejut melihat bagaimana air terus menerus mengalir dari bawah kaki Ismail. Dia tidak pernah tahu apa yang Allah telah tetapkan hingga air tersebut menjadikan salah satu sebab kota Mekah dikunjungi jutaan manusia dari penjuru dunia tiap tahun.

2. Nama Lain Air Zamzam

Zamzam juga sering disebut masyarakt Arab dengan nama Maimuna, Syabba’a dan Murwiyah

3. Kandungan Energi

Meskipun Zamzam hanya sebatas air namun manfaat dari meminumnya tidak terbatas! Seperti dituturkan ilmuwan Jerman Dr. Knut Pfeiffer, energi dalam sel manusia meningkat cepat setelah minum air Zamzam.

4. Jernih dan Sehat

Air Zamzam telah mengalir terus menerus selama 4000 tahun. Setelah banyak penelitian dilakukan, ditemukan bahwa tidak ada bahan kimia atau kotoran yang ditemukan di Zamzam. Itu selalu bersih dan sehat!

5. Murni

Evian dan beberapa perusahaan air mineral lain didunia menyatakan bahwa untuk menjadi murni air setidaknya memiliki setidaknya 357mg bikarbonat, padahal Zamzam mengandung 366 mg bikarbonat dan merupakan air paling bersih dan murni di seluruh dunia

6. Berkhasiat Menyembuhkan

Air Zamzam penuh dengan kandungan kalsium dan garam magnesium dan cairan alami yang dapat menyembuhkan penyakit yang paling berbahaya.

7. Asal Air Zamzam

Batu-batu di Mekah yang terbentuk memiliki pori-pori tertutup dan ilmuwan telah menyatakan bagaimana sumber air tawar yang mengalir terus menerus hanya dapat dilakukan pada batu yang memiliki pori-pori terbuka. Ini adalah keajaiban. Hal ini menunjukkan sacral dari tanah suci Mekah yang merupakan gurun namun kita menjadi tempat paling penting dimana jutaan orang datang setiap hari untuk melakukan ritual suci mereka.

8. Penelitian Science Terbaru

Di mana tepatnya sumber air Zamzam adalah masih misterius, sampai ilmuwan mulai menggali terowongan di wilayah Makkah di mana ditemukan retak dan pecah di batu-batu yang lurus di kedua arah dari air akan mengalir keluar. Terowongan yang digali tidak terlalu dalam. Bahkan itu hanya 30 meter dari tanah sebagian besar penuh dengan batu. Terdapat retakan di mana air suci ini mengalir dan bermanfaat bagi setiap makhluk hidup di dunia ini.

9. Minum Zamzam untuk Berbagai Tujuan

Air Zamzam dapat diminum untuk berbagai keperluan. Minum air Zamzam dapat diniatkan untuk penyembuhan orang sakit atau tujuan lainnya. Meminumnya dengan niat yang murni sampai tujuan tercapai atau tidak. (Ba/berbagai sumber)


Posting Komentar

0 Komentar