Ribuan Muslim Langkat Sambut Tahun Baru Hijriyah dengan Pawai Obor

Pasukan Patuah sebagai motor penggerak Pawai Obor

Tanjung Pura-Langkat, Tsaqofah - Demi meriahkan Tahun Baru Islam 1440 H, ribuan Muslim Langkat mengadakan pawai obor, pada Selasa (10/9).

Pawai yang diikuti oleh hampir 2000 peserta tersebut berasal dari lima kecamatan yaitu Tanjung Pura, Hinai, Pematang Cengal, Gebang, dan Padang Tualang.

Acara yang digagas oleh Pemuda al-Hijrah Bertuah (Patuah) itu bertujuan untuk menyadarkan umat Muslim agar mencintai Islam dan Rasulnya.

"Kita menginginkan terselenggaranya acara ini agar pemuda milineal bisa mengenal dan mencintai agamaya, Rasulnya, rindu akan bertemu dengannya dan menjalin ukhwah," kata Ketua Umum Patuah, Aidil Syahputra.

Para tokoh Islam Langkat melepas peserta pawai Obor

Dia menambahkan mengusung pawai obor sebagai acara tahunan merupakan sebuah bentuk pelestarian budaya Melayu untuk diketahui dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Langkat.

"Pawai Obor itu merupakan ciri kami, Muslim Melayu, dan kami membuatnya untuk melestarikan budaya kami," tambahnya.

Sementara itu ketua MUI Kecamatan H Basyaruddin mengatakan memeriahkan Tahun Baru Islam adalah acara yang harus dipertahankan.

"Acara ini sangat bagus karena bisa mempertahankan budaya Islam, terlebih yang melestarikan adalah kaum muda," katanya.

Basyaruddin menambahkan agar acara ini terus dilaksanakan pada tahun berikutnya, karena bisa menumbuhkan kecintaan pada Rasul sehingga melahirkan keimanan pada utusan Allah.


Peserta Pawai Obor

Pawai Obor yang dibuka dan dilepas langsung oleh Camat Tanjung Pura, Suyanto SoS, menempuh jarak 2.5 KM mengelilingi kota Tanjung Pura.

Setidaknya ada tujuh kategori yang dilombakan diantaranya peserta terbanyak, kreatifitas, kerapian/ketertiban, obor terbaik, shalawat, kekompakan, dan yel yel.

Turut hadir dalam acara tersebut Muspika Kecamatan, Kapolsek, Laskar Melayu, Kepala Desa dan seluruh kepala sekolah tingkat SMP dan SMA yang mendaftar sebagai peserta.


Patuah merupakan sebuah komunitas yang berbadan hukum resmi berdiri pada 17 Juli 2017, bersepakat melakukan gerakan dakwah secara masif dan menyeluruh kepada generasi melenial untuk menyiarkan agama Islam dengan rahmatan lil alamin. (Nur Rahmi/Ba (

Posting Komentar

0 Komentar