Relawan Ajak Umat Islam Tidak Terjebak Berita Hoaks

Jakarta, Tsaqofah – Ketua Presidium Relawan Kotak Hijau Fami Fachrudin mengajak umat Islam mempunyai sikap penuh hikmah, beradab dan keadilan tidak terjebak dalam ujaran kebencian dalam informasi provokatif.
“Kami merasa prihatin melihat kondisi bangsa saat ini hasut dan fitnah yang semakin marak  berkembang di tengah-tengah masyarakat,” kata Fami dalam acara "Deklarasi Relawan Kotak Hijau" di Jakarta, Rabu (19/9).
Fami juga mengatakan bahwa Kotak Hijau mempunyai misi utama untuk mereduksi arus disinformasi dan hoaks yang berkembang di tengah masyarakat.
“Perinsip Islam Washatiyah sebagai prinsip Kotak Hijau. Umat Islam harus mampu berdialog dengan baik di tengah-tengah perbedaan, baik di internal umat Islam maupun di antara komponen bangsa,” ujarnya.
Frasa anti aseng sebaiknya dihindari, karena banyak saudara Tionghoa adalah Muslim dan yang non Muslim adalah anak bangsa Indonesia,” tambahnya.
“Kesantunan di publik dengan tidak menanggapi berbagai kritikan dan kecaman yang dialamatkan kepadanya kecuali kalau sudah berbau fitnah dan ujaran kebencian. Maka kita harus kerja keras pembangunan dan meningkatkan prestasi bangsa,” kata dia.
Sejumlah elemen turut bergabung dalam relawan Kotak Hijau adalah Generasi Muda Masyumi Indonesia, Habib Muda, Forum Alumni PII, Forum Alumni Santri Persis, Pemuda Lintas Mazhab, Pemuda Malirja, dan Jamaah Toldemiyah. 

Posting Komentar

0 Komentar