Festival Kopi Ankara, Bukti Cinta Turki Pada Kopi Yang Meningkat


Pecinta kopi berkumpul di ibukota Turki, Jumat (28/9), untuk menikmati secangkir minuman yang baik itu.
Para pecinta kopi itu berkumpul dalam satu acara yang diberi nama, ‘Festival Kopi Ankara’. Pelaksanaan festival itu kini baru masuk di tahun ketiga diperingati.
Festival itu telah menyatukan merek-merek kopi terkemuka dari selera dan tren kopi generasi ketiga. Acara itu juga dimeriahkan oleh aksi-aksi barista professional, pertunjukan musik, seminar dan lokakarya tentang kopi.
Dengan sejarah panjangnya di Turki, kopi selalu memiliki tempat di rumah tangga setiap warganya.
“Kopi menjadi sahabat bagi saya yang menemani di malam hari, tanpa tidur saat saya belajar,” kata Pelin, seorang siswa yang menghadiri festival itu di hari pertama.
Dengan tersebarnya kedai kopi di seluruh negeri, selera masyarakat akan kopi meluas dari secangkir kopi Turki ke kopi yang baru diseduh yang disiapkan oleh barista berpengalaman.
Hulya Aktag, seorang blogger gaya hidup, mengatakan kopi untuknya berarti kecanduan, kebahagiaan, dan sesuatu yang membantunya tenang.
“Jika saya tidak minum satu atau dua kopi Turki per hari, saya sakit kepala,” tambahnya sambil terkekeh.
“Sangat menyenangkan memiliki secangkir kopi sebelum Anda pergi ke kelas, dan obrolan yang menyertainya juga sangat bagus,” kata Ege Polat, seorang mahasiswa hukum.
Dengan kacang yang berbeda dari daerah di seluruh dunia, kopi bukan hanya minuman, tetapi juga pengalaman rasa internasional.
“Saya merasa tanah dari berbagai negara di seluruh dunia datang kepada saya ketika saya minum kopi,” kata Gamze, siswa lain.
Meningkatnya permintaan di Turki
Ihsan Cilsal, co-founder Kafeingo, penyedia kopi online, mengatakan permintaan untuk kopi di Turki telah meningkat selama beberapa tahun terakhir.
Cilsal mengatakan Kafeingo adalah situs web penjualan kopi berbasis internet yang langganan pertama di Turki.
Dia mengatakan Kafeingo beroperasi sebagai platform online dengan hampir 15.000 pelanggan dan sekarang masuk di tahun keempat.
Pelanggan dapat mempersonalisasi pesanan mereka dengan memilih kopi dari berbagai daerah, jumlah dan apakah mereka ingin kacang atau kopi yang lain.
Memperhatikan bahwa beberapa biji diperdagangkan langsung dari petani lokal di luar negeri, Cilsal mengatakan platformnya menawarkan kacang dari berbagai negara seperti El Salvador, Tanzania, Ethiopia dan Kolombia.
Sementara itu, permintaan untuk kopi telah meningkat selama bertahun-tahun, barista yang mempersiapkannya memainkan peran besar dalam meramu bagaimana rasanya.
Barista tidak hanya menyajikan kopi tetapi menuangkan semangat mereka ke dalam proses mempersiapkannya.
Melayani kopi dari tangan seorang barista sering terlihat seperti pertunjukan seni, itulah sebabnya para pecinta kopi sering lebih memilih tidak hanya toko favorit mereka untuk kopi yang baik tetapi juga barista favorit mereka.
Sena Turkmen, seorang mahasiswa kedokteran dari Ankara, mengatakan bahwa untuk mendapatkan kopi yang baik, proses pembuatan oleh barista memainkan peran penting.
“Ini bukan hanya kopi. Ini adalah pengalaman, dan setelah itu secara khusus dipilih untuk selera Anda dan suasana hati Anda saat ini, dari berbagai kacang yang ditanami dan diseduh oleh seseorang yang menempatkan cukup banyak cinta, semangat, dan upaya ke dalamnya membuatnya semakin istimewa. Ini membuatnya secara otomatis terasa lebih enak, jika Anda bertanya kepada saya,” katanya.
“Kopi yang baik dapat memiliki dampak yang cukup untuk membuat hari Anda sedikit lebih baik,” tambahnya.
Baran, seorang barista di Petra Roasting Cooperation – yang menyajikan kopi seduh untuk para tamu di festival – mengatakan penting untuk menjadi bergairah tentang kopi.
Berbicara tentang cita rasa kopi dan arti menemukan preferensi pribadi Anda, Baran mengatakan penting untuk mencicipi kopi sebanyak mungkin.
Erdem Aksoy, pendiri Tetra N Coffee Shop, mengatakan bahwa festival-festival kopi penting untuk memperkenalkan usaha kecil kepada orang-orang.
“Festival-festival kopi sangat penting bagi kedai kopi generasi ketiga seperti kami yang ingin memamerkan diri mereka sendiri,” katanya.
Produsen, importir, produsen mesin kopi dan barista terbaik di industri kopi diwakili di festival kopi Ankara dengan menghadirkan 90 kios.
Festival tiga hari yang diselenggarakan oleh Dream Sales Machine dimulai Jumat (29/9). Festival, yang menampilkan 90 merek kopi itu, sedang diadakan di pusat perbelanjaan Bilkent Station. (minanews)
Sumber: Anadolu Agency 

Posting Komentar

0 Komentar