Ajib, Setelah Makkah, 10 Masjid Ini Paling Indah di Dunia!

Sampai kapan pun, tidak pernah ada bangunan yang menyamai masjid. Keindahannya, kenyamanan dan ketenangan di dalamnya adalah salah satu sebab umat Islam selalu mendatanginya. Namun, yang lebih utama fungsi masjid adalah untuk ibadah seperti shalat, zikir dan lain sebagainya.

Hari ini, masjid bukan saja punya fungsi sebagai tempat ibadah, tapi juga dikunjungi karena menjadi destinasi wisata ruhani. Berikut adalah 11 masjid terindah yang redaksi rangkum dari berbagai sumber.

1. Masjid Suci Makkah
 
Merupakan masjid terbesar dan paling populer di bumi. Masjid ini juga dianggap sebagai situs paling suci bagi umat Islam. Holy Mosque / al-Haram dapat menampung hingga 2 juta orang selama musim haji.

2. Masjid Nabi 

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad, berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid ini di buka setiap hari.

3. Masjid Al Aqsa, Palestina

Masjidil Aqsa sebagaimana telah kita ketahui merupakan kiblat pertama Umat Islam sebelum dipindahkan oleh Rasullullah SAW. ke Baitullah sekarang. Disini pulalah (Masjidil Aqsa) Rasullulalah SAW. dalam peristiwa Isra'-Mi'raj memulai perjalanan Mi'raj ke Sidratul Muntaha dengan ditemani oleh Malaikat Jibril AS. menghadap Allah SWT. dan menerima perintah Shalat 5 (lima) waktu.
 
4. Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi
 
Jika masjid al Haram menjadi yang terbesar di dunia, Masjid Sheikh Zayed memiliki karpet terbesar.
Jumlahnya bisa muat 40.000 orang.

5. Masjid Hassan II, Casablanca

Selain menakjubkan, lokasinya juga unik. Masjid Hassan II berada di tengah laut.

6. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul

Dikenal juga sebagai masjid biru. Terbuat dari 20 ribu ubin keramik biru yang menutupi dinding.

7. Masjid Qolsharif, Rusia

Usia masjid ini jauh lebih tua dibanding saat Belanda menjajah Indonesia. Yakni berusia lebih dari 400 tahun. Masjid ini sempat hancur karena bencana, namun dibangun kembali pada 1996.

8. Nasir al Mulk, Shiraz

Keindahan warna-warni yang dihadirkan, siap memanjakan mata. Apalagi jika memasuki pagi atau sore hari. Cahaya yang masuk siap melalui kaca jendela siap membuat kamu terpesona.

9. Great Mosque Of Xi'an, China

Siapa sangka jika China juga punya masjid terindah di dunia. Bentuknya tak seperti kebanyakan masjid. Great Mosque Of Xi'an memiliki bentuk menyerupai kuil China.

10. Masjid Faisal, Islamabad

Sekilas bentuk masjid Faisal menyerupai pesawat ruang angkasa jika dilihat dari atas. Bentuknya benar-benar indah dengan pemandangan bukit hijau di sekelilingnya.

11. Masjid Cordoba, Spanyol

Awalnya masjid ini adalah sebuah gereja. Sampai ratusan kemudian, kaum muslim datang ke Spanyol dan mengubahnya menjadi masjid. 8 abad kemudian, masjid nan cantik ini kemudian berubah kembali menjadi gereja. Meski demikian, jejak Islam di masi lalu masih terasa kuat di sana.



Posting Komentar

0 Komentar